Rabu, 11 Mei 2011

Contoh proposal permohonan penambahan modal GAPOKTAN


Pada artikel kali ini, saya akan menampilkan contoh proposal untuk penambahan/penguatan modal bagi gapoktan.  Penambahan modal ini kami perlukan karena terutama disebabkan oleh semakin dipercayanya lembaga gapoktan di desa kami dalam melayani kegiatan usaha simpan pinjam di kalangan masyarakat petani.  Terus terang, Gapoktan Roda Sejahtera desa Tlogopayung sampai saat ini masih kewalahan untuk melayani permintaan pinjaman dari petani.  Kebutuhan besar tetapi aset Gapoktan sangatlah terbatas.  Walau kami secara perlahan tapi pasti berhasil meningkatkan aset, dari tahun 2009 ada 100 juta hingga sekarang 2011 ada sekitar 150 an juta, alhamdulillah.  Kepercayaan petani terhadap pengurus gapoktan semakin menguat.  Oleh karena itu sudah saatnya kami mencari cara untuk menambah modal gapoktan.  Cara yang kami jalankan selama ini diantaranya yaitu dengan menggalakkan tabungan dengan menelurkan produk tabungan SIMPLE (SIMpanan LEbaran).  Insya ALLAH, SIMPLE ini akan kami bahas di artikel selanjutnya. Selain itu, kami mencoba mencari alternatif/cara lain untuk menambah modal, diantaranya bekerjasama dengan instansi/dinas terkait.  Sebagai contoh, proposal ini akan kami ajukan ke Kementrian Koperasi dan UKM.  Anda bisa melihat dan mencontoh proposal kami, jikalau anda anggap cocok.  Mungkin masih banyak kekurangan, tapi setidaknya kami bisa berbagi.  Semoga bermanfaat.
Baca selengkapnya...

PROPOSAL

 USULAN BANTUAN
PENAMBAHAN/PENGUATAN
PERMODALAN

 

Oleh :

“GABUNGAN KELOMPOK TANI”

GAPOKTAN RODA SEJAHTERA

DESA TLOGOPAYUNG, PLANTUNGAN


DESA TLOGOPAYUNG
KEC. PLANTUNGAN
KAB. KENDAL
2 0 11

 

                      
GABUNGAN KELOMPOK TANI DESA TLOGOPAYUNG
                                GAPOKTAN RODA SEJAHTERA
                       Alamat : Pikatan, Tlogopayung, Plantungan, Kendal 51362 Telp 085 225486163
 

Nomor     :         /        /      2011                                                        Plantungan, 15 Januari 2011
Lamp.      :   1 (satu) bendel
Hal          :   Permohonan Bantuan 
                                                                                              Kepada Yth.
                                                                              Bp. Menteri Koperasi dan UMKM
                                                                              Di
TEMPAT
Assalaamu’alaikum Wr. Wb.
Dengan Hormat,

Bersama ini kami memohon bantuan tambahan modal untuk Lembaga Keuangan Mikro Gapoktan Roda Sejahtera Desa Tlogopayung yang kami kelola.  Tambahan modal ini kami gunakan untuk :
1.      membantu permodalan usaha pertanian bagi masyarakat petani Desa Tlogopayung sehingga diharapkan dapat mengembangkan usaha mereka.
2.      memberantas rentenir yang pada akhir-akhir ini menjerat sebagian petani.
Kami sangat mengharapkan tambahan bantuan modal tersebut.  Bantuan yang kami mohon sebesar Rp. 732.000.000,- ( tujuh ratus tiga puluh dua juta rupiah). Anggaran pembiayaan terlampir.
Gapoktan Roda Sejahtera merupakan Gabungan Kelompok Tani yang dikukuhkan oleh Bupati Kendal pada tanggal 2 MEI 2008 dengan SK BUPATI KENDAL NOMOR 320 / 524 / 2008.  Alhamdulillah kami pada akhir 2010 telah mempunyai asset Rp. 141,319,100,- .  Anggota kami sangat membutuhkan tambahan modal tersebut.  Data perkembangan keuangan Gapoktan Roda Sejahtera terlampir.
Demikian permohonan kami, sebagai bahan pertimbangan kami melampirkan proposal.  Atas perhatian dan bantuannya, kami ucapkan terima kasih.
Wassalaamu’alaikum Wr. Wb

     Mengetahui                                                                                      Ketua Gapoktan,
  PPL Pertanian,


MAR’AH SOLICHAH, S.Pt                                                                 ALIEF ARDI, S.Hut

Kepala Desa Tlogopayung,                                                     Camat Plantungan



SLAMET FARID                                                     BAMBANG GUNAWAN, S.Sos
                                                                                   NIP. 1957 0208 1987031003

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan,
Kabupaten Kendal


...............................
NIP.
Tembusan, Yth :
1.    Arsip


 

                     GABUNGAN KELOMPOK TANI DESA TLOGOPAYUNG
                                GAPOKTAN RODA SEJAHTERA
                       Alamat : Pikatan, Tlogopayung, Plantungan, Kendal 51362 Telp 085 225486163
 

USULAN PENAMBAHAN MODAL

                                  Nama Kelompok           :  Gapoktan Roda Sejahtera
                                  Desa                              : Pikatan, Tlogopayung
                                  Kecamatan                    : Plantungan
                                  Kabupaten                     : K E N D A L
 

A.      LATAR BELAKANG

1.       Salah satu pendukung kegiatan usaha pertanian, peternakan, perkebunan, perdagangan dan usaha mikro lainnya adalah tersedianya jumlah dana atau permodalan yang memadai dan berkesinambungan,
2.       Kondisi aset, modal serta keuangan Lembaga Keuangan Mikro Gapoktan Roda Sejahtera yang masih sangat terbatas, sangatlah sulit untuk memenuhi kebutuhan permodalan untuk usaha tani anggota dan masyarakat desa Tlogopayung,
3.       Kebutuhan penambahan modal bagi organisasi kami untuk membiayayi usaha tani masyarakat, dipandang sudah sangat mendesak untuk segera diadakan, agar kegiatan usaha tani masyarakat dapat tercapai sekaligus meningkatkan pendapatan petani yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan rakyat petani,
4.       Kemauan masyarakat dalam mendukung keberhasilan program penambahan modal melalui penggalakan tabungan anggota sudah cukup baik, namun masih jauh dari tingkat kebutuhan untuk membiayai kegiatan usaha tani masyarakat secara lebih luas.

 B.      SASARAN

Sasaran Program Penambahan Modal adalah :
Anggota dan masyarakat petani Desa Tlogopayung, Kecamatan Plantungan, Kendal, Jawa Tengah.

 C.      RUANG LINGKUP

1.       Pekerjaan Persiapan,
2.       Pekerjaan Penyaluran Pinjaman,
3.       Pekerjaan Pemantauan Penggunaan Dana,
4.       Pekerjaan Pelaporan,

D.     PELAKSANA PENGELOLA DANA

Pengelola dana tambahan modal dari Kementrian UMKM dan Koperasi adalah Gapoktan Roda Sejahtera yang berangotakan  Kelompok Tani Mekar Sari 1, Mekar Sari 2, dan Mekar Sari 3 dan Kelompok Tani Prakarsa Melati dengan partisipasi masyarakat.

E.      WAKTU PELAKSANAAN

Pelaksanaan Penyaluran pinjaman permodalan akan dimulai setelah dana bantuan dari Kementrian UMKM dan Koperasi diterima.
F.      SUMBER DANA
Biaya yang diperlukan untuk kegiatan penguatan modal tahun 2011 sebagaimana Rencana Anggaran Biaya terlampir sebesar Rp. 873.319,100,00   yang diharapkan akan diperoleh dari :
1.       Tambahan modal dari Kementrian UMKM dan Koperasi       :      Rp.     732.000.000,00
2.       Aset Gapoktan tahun 2010                                                     :      Rp.     141.319.100,00
                                                                                                          Rp.      873.319.100,00
Jadi total dana yang kami butuhkan yaitu 873.319,100,00 (delapan ratus tujuh puluh tiga juta tiga ratus sembilan belas ribu seratus rupiah) yang akan kami salurkan kepada petani.
G.     PENUTUP
Proposal Usulan Permohonan Tambahan Permodalan untuk anggota dan masyarakat petani Gapoktan Roda Sejahtera ini disusun sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan bantuan Dana dari Kementrian UMKM dan Koperasi tahun anggaran 2010/2011.

                                                                 Plantungan, 15 Januari 2011
                                                                                           Ketua Gapoktan ,


                                                                              ALIEF ARDI, S.Hut


                                                     Mengetahui,
                                         Kepala Desa Tlogopayung,


                                               SLAMET FARID


 Sekian dulu artikel dari saya, semoga ada manfaatnya.  Oya, jangan lupa follow blog ini ya...Insya ALLAH akan saya tambah terus artikel-artikel lain yang semoga bermanfaat untuk anda dan kita semua sebagai bekal di dunia maupun akherat.  Amiiin dan terimakasih atas perhatiannya.  Salam.

2 komentar:

  1. Jika Anda sudah capek dan lelah dengan status
    P7 – PERGI PAGI PULANG PETANG PENGHASILAN PAS-PASAN
    dan Anda tidak tahu harus bagaimana untuk meningkatkan
    kondisi finansial Anda… maka saya minta Anda dengarkan saya.

    INFO PESUGIHAN TUYUL MESIR TAMPA TUMBAL KELUARGA:
    tuyul ini sangat kecil ukurannya,kira-kira tingginya 5cm-6cm,tuyul ini dapat dilihat dengan mata terbuka Jika (ANDA) sudah Memberikan Minyak khusu yang sudah di bacakan mantra. bagi anda yang ingin Kontrak atau ingin Beli tuyul.
    orang lain tidak dapat melihatnya. Bagaimana merawatnya..?? Sangat mudah ,tuyul ini sangat canggih & tidak merepotkan, tuyul ini tidak suka netek pada ibu-ibu, tuyul kepunyaan mbah hanya perlu 1 buah kamar khusus tempat tuyul bermain & istirahat serta butuh KUNYIT DAN SUSU BIASA yang sering Diminum anak-anak, seperti SUSU CAP BENDERA, anda tidak usah takut atau repot, karena Kunyit banyak Dijual di pasar-pasar terdekat di kota anda, itupun hanya diberikan jika si tuyul akan bertugas mencuri uang/perhiasan, tuyul ini sangat setia dengan majikannya. Berapa harganya..?? khusus untuk tuyul biasa mbah patok harga yaitu 1,7MILIAR, dan jangan Khwatir, karena ada sistem ngontrak, Hanya 135Jt/ tahun, dan Bisa menghasilkan uang sekitar 20jt/Hari. Tuyul Mesir pintar sama seperti tuyul lainnya, tetapi terdapat perbedaan yaitu Memiliki Pakean yang Bagus dan topi yang kayak seperti Jin dan Jun, atau Tuyul dan Mbak Tuyul ,selain itu Tuyul Mesir dapat berlari lebih kencang daripada tuyul biasa, lebih pintar mencuri uang/perhiasan, oleh karena itu disebut tuyul spesial, kenapa begitu..?? karena banyak Paranormal atau para ahli hikmah mengakui sulit untuk menangkap TUYUL MESIR karena lari'nya cepat seperti kilat, hanya segelintir dukun sakti saja yang bisa menangkapnya, itupun harus menggunakan ilmu khusus yang sudah sangat langkah.
    SISTEM KONTRAK DARI KAMI :
    1. SISTEM KONTRAK TUYUL BIASA : Rp 15Jt DALAM WAKTU 2 BULAN
    SISTEM KONTRAK TUYUL SEPESIAL:Rp 25 Jt DALAM WAKTU 2 BULAN
    &PENGHASILAN BISA MENCAPAI ATAU BAHKAN LEBIH 35Jt DALAM 1 KALI BEKERJA.
    2 SISTEM BELI: HARGA 1,7 JUTA
    HANYA SEHARGA 1,7 JUTA
    Anda dapat memesan tuyul biasa atau tuyul SPESIL MESIR silahkan{>>>>>KLIK DISINI PESUGIHAN GAIB ABAH GOLEK<<<<<} ATAU LANGSUNG SAJA
    TLP:BELIAU DI
    082361234469
    (ABAH DARMO)
    untuk Info selengkapnya silahkan ANDA Hub:BELIAU...!

    BalasHapus
  2. Dapatkan pinjaman dana paling tinggi hanya dengan gadai bpkb mobil dan kredit mobil bekas dp rendah serta cicilan yang ringan untuk seluruh wilayah indonesia
    Untuk keterangan selengkapnya silahkan hubungi marketing officer kami berikut ini. Cukup melalui sms atau whatsapp, kemudian marketing kami akan segera menghubungi Anda
    Contact : Sukma Dinata
    Phone/Whatsapp/Sms: 081280295839

    BalasHapus