Selasa, 18 Januari 2011

Tips membuat pakan ayam kampung : basah atau kering ?



Sudah sejak lama sekitar 2000-an silam saya memelihara ayam.  Tapi terus terang masih belum serius bener, nah mulai saat ini saya berminat untuk serius beternak ayam kampung super yang cepat besar.  Saya dan teman-teman berencana membentuk kelompok peternak, dulu sudah sempat terbentuk sih, tetapi dulu yang kami piara adalah ayam arab.  Nah, sekarang ayam arab saya tinggalkan.  Saya lebih tertarik untuk beternak ayam kampung pedaging super yang  cepat tumbuh .

Menurut pengalaman saya dalam beternak ayam, saya kok lebih suka memberi pakan ayam yang dicampur sedikit air alias pakan basah.  Ada beberapa alasan mengapa saya lebih suka pakan basah untuk ayam :
continue reading...

1.  ayam makan dengan lebih lahap.  Coba aja kita kalau makan gak pakai kuah alias sayur atau makanan kering, apa gak "seret"...hehe...Lagipula saya tuh sering banget menambahkan sayuran ke dalam pakan ayam saya untuk menambah kadar serat dan vitamin, nah sayuran tsb saya iris-iris dulu terkadang saya rebus sehingga lunak, nah kemudian saya campurkan kedalam pakan sekalian air hasil rebusannya. Dengan cara ini, alhamdulillah ayam-ayam saya sehat, gak pernah terkena penyakit ayam yang serentak seperti punya tetangga sebelah...hehe...

2.  dengan pakan kering, relatif lebih sedikit pakan yang terbuang daripada pakan kering.  Kalau pakan kering kadang-kadang suka di"ceker-ceker" sama ayam sih...

3.  kalo pagi hari, dimana di desa saya sangat dingin, pakan basah yang dicampur air hangat/panas akan membuat ayam merasa nyaman dan lahap.

4.  untuk mengatasi supaya gak ada pakan yang tersisa di dalam wadah pakan, maka caranya mudah saja.  Saya biasa menjatah pakan untuk tiap ekor ayam.  Kira-kira 100 gram pakan per ekor lah untuk ayam dewasa, dan saya memberi pakan sehari dua kali, yaitu pukul 07.00 dan 13.00/14.00.  Pokoknya pagi dan siang.  Nah, dengan cara ini, gak ada pakan ayam yang tersisa dan wadah pakanpun tetap kering.

5.  lagipula irit dunk !...hehe...ya iyalah, kan gak perlu beli/bikin wadah untuk tempat air minum ayam.

Oleh karena itu dengan sederet alasan diatas, saya masih lebih suka memberi pakan basah dengan cara mencampur pakan kering dengan air secukupnya sampai bener-bener basah, kalau dipegang dengan tangan, air tak banyak yang menetes, berarti siap diberikan untuk ayam.  Mungkin ada yang mengatakan memberi pakan basah lebih menyita waktu daripada pakan kering, ya ada benarnya juga sih...Buktinya peternak ayam dengan jumlah sangat besar, pasti pakannya kering deh.  Tapi menurut pengalaman saya, pakan basah membuat ayam lebih sehat dan gemuk, buktinya ayam-ayam saya begitu...hehe...Tapi belum juga yah, suatu saat kalau ayam saya sudah banyak...aminn...mungkin pakan kering bisa dipertimbangkan...

Sekian dulu ya, semoga bermanfaat.

UPDATE : KOMPOSISI PAKAN ayam kampung super dapat dilihat DISINI

Artikel terkait :
1. Tips membuat anak ayam kampung cepat besar
2. Tips mencegah penyakit ND atau tetelo pada ayam kampung super
3.
Tips praktis beternak ayam kampung super
4.
Tips membuat kandang ayam kampung super
5.
Tips membuat pakan ayam kampung super
6.
Tips mengatasi atau mencegah penyakit ayam kampung super
7.
Tips mencegah penyakit yang sering menyerang ayam kampung super
8. Lima hal yang harus dihindari dalam merawat DOC ayam kampung super

PERHATIAN !!!

Mohon maaf jika anda mengklik artikel-artikel diatas maka selama beberapa detik (kurang lebih lima detik lah)  akan muncul iklan.  JANGAN KUATIR SOBAT, just for afew seconds, cuma muncul sebentar lalu silakan klik SKIP THIS AD yang ada di pojok kanan atas iklan tsb dan yuppp! kemudian anda langsung akan dibawa menuju artikel yang anda maksud.  Supaya keren dan profesional gitu loh...hehe...^-^.  By the way, selamat menikmati dan membaca artikel GRATIS dari saya...hehe...Salam sukses.

PENTING UNTUK SOBAT SEMUA :
Jika link-link diatas tidak bisa berfungsi dengan baik, silahkan anda cari di DAFTAR ISI blog ini dengan judul artikel yang sama. Insya ALLAH tak ada masalah. Selamat membaca, dan jangan lupa tinggalkan komentar atau saran ya...terimakasih banyak. 

9 komentar:

  1. klo ada info obat tradisional penyakit flu pd ayam mgkin lbih brguna bgi peternak. trims.......

    BalasHapus
  2. klo ayam yg sudah terkena tetelo gmna bos cara menanggulanginya

    BalasHapus
  3. kalu pengalaman saya dengan pemberian pakan basah pada ayam hanya akan menjadikan pakannya menjadi kotor. karena sering keinjak ayam, kotoran yang ada dikaki ayam akan bercampur dengan pakan.

    BalasHapus
  4. bagus juga buat refrensi, soalnya ane lagi mau ternak ayam gan..

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Hai guys!!
    Sering Kalah Bermain Poker atau Permainan Lain?? Butuh Konsultasi Seputar Poker atau Permainan Lain Agar Menang Terus??
    Dapatkan Trik dan Tips Jitu dari Donaco Poker...
    Cukup Daftar menjadi Member saja..!!
    Pendaftaran Gratis!!

    Nikmati juga kemudahan dalam bertransaksi menggunakan OVO Pay Donaco Poker...

    Dapatkan Juga
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    YM : Cs.Donacopoker
    BBM : DONACOPOKER
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +6281333555662
    WECHAT : Donacopoker

    BalasHapus