Minggu, 30 Januari 2011

Tips MUDAH mengatasi penyakit pada ayam kampung

Ayam (Lingnan) yang sehat jika dipegang sangat berat, beringas, muka cerah dan segar, badan gemuk
Tips kali ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya dalam memelihara ayam sejak tahun 2000-an lalu.  Secara umum sebenarnya mencegah penyakit lebih baik daripada mengobati.  Oleh karena itu cara termudah supaya ayam-ayam kita tetap sehat dan mencegah penyakit yaitu dengan cara :

1. menjaga agar pakan yang kita berikan jumlah maupun nilai gizinya terjamin.  Jangan asal-asalan memberi makan, bisa-bisa nanti ayam kita tidak meningkat bobotnya/produksi telur menurun bahkan bisa keracunan.  Pakan diberikan dengan disiplin, maksud saya jangan berubah-ubah waktunya.  Saya biasanya memberikan 2 kali sehari. 
continue reading...

Pagi jam 6.30, sore kjam 13-14.00 WIB.   Cara membuat/meramu pakan ayam sendiri bisa dilihat  DISINI.

2.  Jaga agar kandang mendapat cukup sinar matahari dan ventilasi cukup.  Kita tahu bahwa sinar matahari mampu mensanitasi kandang dari penyakit dan ayam mendapat sinar yang cukup untuk pertumbuhan tulang.  Oleh karena itu usahakan atap kandang sebagian dari genteng kaca.

3.  Kebersihan kandang dilakukan secara teratur supaya kuman penyakit tidak betah dan ayam tetap bersih.  Kotoran yang menumpuk bisa menjadi sarang penyakit dan jika salah satu ayam terserang penyakit maka akan mudah menular.  Kalau saya secara teratur memberi kulit padi/sekam padi untuk alas kandang sehingga kotoran ayam dengan adanya sekam padi menjadi tetap kering alias tidak lembab/basah, sehingga kandang pun tidak bau.

4.  memberikan vaksin secara teratur, kalau saya memberikannya pada ayam sejak umur 4 hari, 4 minggu dan 4 bulan untuk pencegahan.  Bisa lewat tetes mata, mulut atau lewat air minum.  Vaksin yang sering saya berikan adalah vaksin ND/tetelo, sebenarnya ada lagi vaksin gumboro dll.  Cara mencegah penyakit tetelo dengan obat tradisional bisa dilihat  DISINI

5.  berikan obat cacing secara teratur.  Hal ini penting untuk menjaga supaya nafsu makan ayam tetap meningkat.  Kan kalau ayam makannya bernafsu, insya ALLAH akan tahan terhadap berbagai macam penyakit.  Bisa juga dengan memberikan irisan daun pepaya dan rebusannya atau temu ireng.

6.  jangan sekali-kali mengumbar ayam-ayam kita dengan bebas sehingga "bergaul" dengan ayam-ayam lain tetangga.  Dijamin deh, pasti bakalan "habis" ayam kita karena penyakit ayam tuh cepat sekali menularnya.  Kalau saya ayam-ayam saya gak pernah saya umbar, tetap di kandang terus.  Kalaupun diumbar, ya saya buatkan pagar.

7.  Jika anda membeli ayam baru dari pasar, pastikan bahwa ayam tsb sehat.  Beri makan yang bergizi dan cukup, kemudian divaksin sebelum dicampur dengan ayam-ayam kita yang lain karena jangan-jangan dari pasar sudah mengandung bibit penyakit, kan gawat bisa-bisa menulari ayam kita.


Silakan baca juga :
1. Tips membuat anak ayam kampung cepat besar
2. Tips mencegah penyakit ND atau tetelo pada ayam kampung super 
3. Tips praktis beternak ayam kampung super 
4. Tips membuat kandang ayam kampung super 
5. Tips membuat pakan ayam kampung super 
6. Tips mengatasi atau mencegah penyakit ayam kampung super 
7. Tips mengobati penyakit yang sering menyerang ayam kampung super
8. Lima hal yang harus dihindari dalam merawat DOC ayam kampung super
9. Tips-gratis-supaya-ayam-kampung-dewasa nafsu makannya lahap
10. Tips-gratis-mengatasi-ayam-yang-suka mojok/sakit
11. Analisa-usaha-ternak-ayam-lingnan
PENTING UNTUK SOBAT SEMUA :
Jika link-link diatas tidak bisa berfungsi dengan baik, silahkan anda cari di DAFTAR ISI blog ini dengan judul artikel yang sama. Insya ALLAH tak ada masalah. Selamat membaca, dan jangan lupa tinggalkan komentar atau saran ya...terimakasih banyak. 

7 komentar:

  1. Ayam nya akan lebih sehat dan bobotnya meningkat dengan cepat apabila diberi Bio Janna 2 Nutrisi Super Bio Hayati, yang mengandung 1.650 genus 3.211 bakteri yang menyempurnakan proses metabolisme pada ayam sehingga ayam sehat tidak mudah terserang penyakit dan bobotnya diatas rata2.
    Untuk pakan berikan pellet dengan Komposisi 50 % Koro pedang, 30 % dedak, 10 % tepung ikan, 10 Jagung. sebagai pembanding ; 1 kg pakan dari Koro pedang, dapat menghasilkan ayam potong dengan bobot 2 kg, dibandingkan 2,8 kg pakan buatan pabrik yang menghasilkan ayam dengan bobot 2 kg. silahkan mencoba

    BalasHapus
  2. terimakasih sarannya mas. salam kenal dan sukses

    BalasHapus
  3. suka note nomer 7...(^_^)b dua kali periode koleksi ayam hiasku ludes gara-gara beli ayam dari pasar ayam potong. (T_T). alhasil dari 20 ayam koleksiku mulai dari ayam kate emas, serama, ayam kate batik(pembawa virus), ayam jambul polandia mati semua dengan gejala penyakit yang sama. lebih parahnya lagi penyakitnya nular ke rumah nenekku yang piara ayam kampung dan bangkok...waduh ini adalah domini effect terparah dalam sejarah berternak ayam dari waktu SD... saya akan selalu inget note ini!!

    BalasHapus
  4. makasi atas infonya mas..
    smoga sukses.

    BalasHapus
  5. Saya selaku tecnical servis pada kemitraan ayam broiler sangat terbantu sekali dengan hal ini.Saya tunggu info info mutakhirnya

    BalasHapus
  6. Mas, kalau berak kapur atau hijau ada vaksin nya ga? kalo ada apa nama nya?

    BalasHapus
  7. maaf bos kalo cara membersihkan kandang yang lantai nya kayak foto diatas gimana cara nya???

    BalasHapus