Selasa, 18 Januari 2011

Tips membuat kandang ayam kampung super

Kandang ayam lingnan dan ayam kampung super terbuat dari bambu, atap seng dan dibuat sekat-sekat
Pada tips kali ini saya akan menuliskan pengalaman saya dalam membuat kandang ayam kampung super. Tapi harap maklum ya, karena saya masih pemula, jadi saya mau berbagi pengalaman saja, kalo ada yang salah, para pakar ayam maafin daku ya...hehe...

Kebetulan saya ini hobi memelihara hewan, dari ayam, kelinci, kambing, dan burung pun pernah.  Tapi sekarang ayam kampung lingnan dan super saja lah, soalnya gak ada waktu, gak sempat kayak dulu.

Langsung saja deh.  Syarat kandang ayam kampung pedaging yang baik menurut saya yaitu :
continue reading...

1. Untuk kandang perkawinan, sediakan ukuran kandang yang cukup luas, yang penting supaya ayam jantan dan indukan betinanya bebas bergerak dan antar ayam betina tidak sering berkelahi.  Kalau pengalaman saya, ukuran 2,5 x 2 m saya rasa sudah cukup (habis lahan saya gak luas-luas amat sih...hehe..).  Kemudian jangan lupa di dalam kamar-kamar tersebut dipasang tangkringan, supaya ayam yang gemar hinggap bisa nangkring disitu.  Hal ini juga akan melatih otot dan pergerakan ayam, ya kayak orang olahraga gitu.  Jangan lupa sediakan tempat bertelur yang cukup sebanyak jumlah ayam atau 5 buah saya rasa cukup.  Usahakan dalam menempatkan tempat bertelur jangan di lantai, bisa-bisa terinjak ayam kan sayang.

2. untuk kandang ayam remaja, ya agak luas lah.  Ukurannya tergantung jumlah ayam yang dipelihara.  Ayam kampung super berumur lebih dari 1 bulan, sudah bisa diumbar tanpa lampu.  Tangkringan tetap diberi.

3. untuk kandang anak ayam dibawah 1 bulan, saya menggunakan kandang yang agak rapat dan diberi lampu untuk penghangat sampai umur 2 minggu.  Selebihnya bisa dikurangi lampunya.

4. Kalau saya lantai kandang dari tanah. Lebih bagus sih, buat kandang panggung dari bambu.  Saya secara teratur memberikan sekam padi ke kandang saya supaya kandang tetap kering, tidak bau dan supaya jadi pupuk kandang yang banyak...hehe...Lagipula kan ayam suka mandi pasir/tanah gitu, kalau lantai kandang banyak sekamnya kan kotoran ayam gampang kering sehingga ayam suka bermain di lantai yang kering.

5. Kandang dari bambu menurut saya lebih baik dan awet, lagipula bisa dibuat ventilasi yang lebih banyak.  Karena bagaimanapun sirkulasi udara yang baik akan membuat ayam merasa nyaman dan tidak pengap serta sinar matahari pagi bisa leluasa masuk.  Jadi, kandang ayam saya yang satu lokasi, saya sekat-sekat untuk beberapa kamar untuk kandang perkawinan, sekat yang lain untuk ayam remaja dan anak ayam.  Hemat tempat.  Hanya saja anak ayam umur 0 - 15 hari biasanya terpisah.

6.  Tinggi kandang menyesuaikan lah.  Jangan terlalu rendah supaya kita bekerja lebih leluasa dan udara bebas keluar masuk.  Atap sebaiknya dari seng, lebih awet dan di daerah pegunungan seperti desa saya, hawa di kandang lebih hangat dan tiang kayu tidak terlalu berat menyokokong seperti jika atapnya dari genteng tanah liat.

7.  Supaya kandang tidak cepat dimakan rayap, ada baiknya pakai cara saya DISINI , mudah dan murah..hehe...

Silakan baca juga :
1. Tips membuat anak ayam kampung cepat besar
2. Tips mencegah penyakit ND atau tetelo pada ayam kampung super 
3. Tips praktis beternak ayam kampung super 
4. Tips membuat kandang ayam kampung super 
5. Tips membuat pakan ayam kampung super 
6. Tips mengatasi atau mencegah penyakit ayam kampung super 
7. Tips mengobati penyakit yang sering menyerang ayam kampung super
8. Lima hal yang harus dihindari dalam merawat DOC ayam kampung super
9. Tips-gratis-supaya-ayam-kampung-dewasa nafsu makannya lahap
10. Tips-gratis-mengatasi-ayam-yang-suka mojok/sakit
11. Analisa-usaha-ternak-ayam-lingnan
PENTING UNTUK SOBAT SEMUA :
Jika link-link diatas tidak bisa berfungsi dengan baik, silahkan anda cari di DAFTAR ISI blog ini dengan judul artikel yang sama. Insya ALLAH tak ada masalah. Selamat membaca, dan jangan lupa tinggalkan komentar atau saran ya...terimakasih banyak.

8 komentar:

  1. Trimakasih pak..atas ilmunya...mohon maaf pak saya pengen nanya, umur berapakah ayam kampung super layak di jual ke tukang potong...?14 Maret 2011 pukul 08.58

    Maturnuwun ya pak atas ilmunya...semoga dapat pahala...

    BalasHapus
  2. terimakasih ilmunya ya pak. Kalo boleh tau apakah sekarang msah beternak ayam kampung super?
    Apakah Bpk juga menjual ayam kampung super? atau DOC ayam kampung super?
    Kalo iya berapa harganya? Bisa gk dikirim ke kalimantan timur?
    Berapa harga untuk kalimantan timur? minimal pembelian berapa banyak?

    BalasHapus
  3. ayam kampung super umur 70-80 hari sudah siap panen dg bobot antara 1 -1,5 kg tergantung kualitas pakan.
    saya masih beternak ayam lingnan. tapi sementara ini memperbanyak untuk kelompok dulu.untuk doc ayam kampung super di kelompok tani yang lain harga sekitar 5000 di kandang.

    BalasHapus
  4. keren kang.. ohya bisnis ayam super gini, biasanaya marketnya kemana ya kang ? rumah makan? atau ke pasar pasar saja ?

    thanks sebelumnya

    BalasHapus
  5. tks mas PU. kemana aja bisa mas

    BalasHapus
  6. Thanks gan infonya.... sangat bermanfaat sekali bagia ane yang lagi pemula memelihara ayam kampung

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Hai guys!!
    Sering Kalah Bermain Poker atau Permainan Lain?? Butuh Konsultasi Seputar Poker atau Permainan Lain Agar Menang Terus??
    Dapatkan Trik dan Tips Jitu dari Donaco Poker...
    Cukup Daftar menjadi Member saja..!!
    Pendaftaran Gratis!!

    Nikmati juga kemudahan dalam bertransaksi menggunakan OVO Pay Donaco Poker...

    Dapatkan Juga
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    YM : Cs.Donacopoker
    BBM : DONACOPOKER
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +6281333555662
    WECHAT : Donacopoker

    BalasHapus