Sabtu, 15 Januari 2011

Lima cara mudah mendatangkan banyak pengunjung/traffic ke blog kita

Sudah sejak 8 September (sekitar 4 bulan) saya nge-blog untuk menyalurkan hobi saya yaitu membaca dan menulis.  Sudah beberapa puluh bahkan hampir ratusan artikel saya buat untuk mengisi di 2 blog saya yaitu  ilmu dan tips gratis.com dan mendidikanakkita.blogspot.com.

Blog pertama berisi segala tulisan mengenai pertanian (organik), peternakan, obat tradisional dan pendidikan, sedangkan blog kedua khusus mengenai pendidikan dan proses pembelajaran aktif kreatif.  Semuanya merupakan blog gratisan, maklum masih latihan ngeblog dan sekedar menyalurkan hobi serta membagi ilmu...hehe...belum berniat komersiil.

Baiklah, kali ini saya akan membagi pengalaman nyata saya dalam mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya ke blog saya.

continue reading...

Cara yang saya lakukan cukup sederhana, tidak pakai teknologi yang canggih-canggih apalagi bikin pusing serta teori yang rumit-rumit, insya ALLAH mudah dilakukan dan dalam waktu sebentar tidak pakai lama, blog anda akan kebanjiran traffic...

Oya, dulu rangking alexa saya sekitar 7 jutaan sekarang alhamdulillah sudah 3 jutaan hampir tembus 2 juta hingga tulisan ini dibuat, sedangkan pengunjung yang datang ke blog saya rata-rata 300 orang lebih perhari, paling tinggi 469.  Sekedar bukti, alhamdulillah blog saya termasuk top 100 growing blogs versi wordpress alias nomor 73, silakan cek  DISINI (mudah-mudahan sih blog saya masih bertahan...hehe). Saya yakin itu semua berkat cara yang saya lakukan dibawah ini.  Yah, lumayanlah buat blogger bloon pemula seperti saya...hehe...Berikut caranya...

1.  Bombardir blog anda dengan tulisan alias menulis artikel sesering mungkin.  Usahakan menulis artikel yang bermanfaat, baik dan berguna serta dibutuhkan bagi orang banyak.  Syukur-syukur buatlah tulisan yang berisi atau berkaitan dengan topik yang sedang hangat dibicarakan orang, contohnya  ini dan  ini. Ini akan mendatangkan traffic luar biasa.  Sehari satu tulisan saya rasa sudah cukup, lebih banyak lebih baik.  Menulis, menulis dan teruslah menulis apa saja yang anda bisa.  Dan sebaiknya hindarilah tulisan yang berbau sara atau pornografi, tidak ada manfaatnya deh, percaya.  Buktinya, saya bisa mendatangkan pengunjung hingga 20.000 orang dalam jangka waktu 4 bulan (hehe...maklum blogger bloon).  Untuk itu, syarat mutlaknya adalah anda harus rajin membaca dan praktek.

2.   Membuat tulisan berdasarkan  pengalaman nyata anda.  Tulisan yang berisi kisah nyata apa yang telah anda alami dan lakukan mempunyai daya kekuatan yang luar biasa untuk mendatangkan traffic ke blog anda. Percayalah!  Lebih baik sederhana tetapi hasil karya sendiri daripada bagus dan muluk-muluk tetapi itu adalah copy-paste alias menjiplak tak akan ada gunanya walau sedikit, hanya untung jangka pendek.  Kerugian jangka panjangnya, kita hanya akan menjadi peniru dan peniru alias secara tidak sadar mempromosikan tulisan orang lain.  Kalaupun ingin mengutip, sebaiknya sertakan sumber dan link asal tulisan tersebut kemudian dibahas sesuai kemampuan kita. Seperti tulisan saya  iniini,  dan  ini.

3.  Buatlah judul tulisan atau postingan yang mengandung kata kunci atau keyword yang sekiranya sering diketikkan orang di search engine untuk mencari artikel tertentu.  Kata-kata seperti tips, cara, teknik dll sering digunakan orang.  Sebaiknya sesuaikan dengan nama/tema blog kita. Nah, kemudian kata kunci atau kata penting yang ada di artikel anda, dicetak tebal atau bold. Kemudian buatlah kategori tulisan dan tag yang sesuai dengan isi artikel yang anda buat.  Jika artikelnya tentang tips-praktis-bertanam-cabai-hibrida maka kategori yang tepat adalah pertanian, sedangkan tagnya bisa cabai hibrida, bertanam cabai, tips praktis atau harga cabai.  Cara ini akan memudahkan search engine dalam mengindeks tulisan kita.

4.  Usahakan dalam setiap artikel kita disertakan atau dibuat link-link yang jika diklik akan menuju ke artikel-artikel lain yang kita buat.  Ini akan membuat pengunjung betah berlama-lama di blog kita...hehe...Jadi, buat apa jika pengunjung yang datang ke blog kita cuman sebentar menit, kan percuma...hehe...Seperti contohnya artikel yang sedang anda baca ini.

5.  Yang terakhir silakan submit atau daftarkan blog/url anda ke beberapa search engine, yang terkenal contohnya  GOOGLE dan yahoo.com, Bing, dll (caranya ketik aja di google, misal : yahoo add url) atau juga cara submit gratis ke beberapa search engine sekaligus dengan mendaftar di SUBMITFREE. Nah, dengan cara ini blog anda akan terindeks di mesin pencari, hal ini jelas akan mendatangkan traffic yang tak akan anda duga sebelumnya darimana datangnya.

Nah, itu 5 cara mudah mendatangkan traffic di blog kita.  Adapun cara lain dengan blogwalking alias mengunjungi blog sahabat kemudian meninggalkan jejak disana, tukar link, promosi di situs jejaring sosial seperti facebook, twitter dll juga patut anda coba, intinya kita kan promosi.

Intinya, yang terbaik menurut saya supaya blog kita dikunjungi orang, ya tidak lain tidak bukan buatlah artikel dan content yang bermutu dan bermanfaat.  Buat apa promosi sana-sini, tapi content kita masih amburadul, kan bisa kapok nanti pelanggan..hehe...Bagaimanapun barang yang berharga dan baik itu akan dicari orang dimanapun tempatnya.

Sekian dulu ya...nanti disambung lagi.

Ditulis pada 16 Januari 2011 pukul 05.00 WIB

Artikel terkait :

1.  Tips membuat tulisan yang baik

2.  Tips mendirikan sekolah sendiri (seri-1)

3.  Tips gratis menaikkan page-rank dan mendatangkan ribuan back-links

14 komentar:

  1. Langsung di praktekan gan semoga kiat-kiat di atas bisa berhasil !!

    BalasHapus
  2. Lansung di praktekan gan semoga kiat-kiat di atas bisa berhasil !!

    BalasHapus
  3. Jiahh.... yng ini jga enjel..!! wkwkwkwk...!! ASPOS ( asal posting )

    BalasHapus
  4. hehe...betul mas. ndak ada yg instan memang harus kerja keras spy dpt traffic lumayan. alhamdulillah blog bloon ini traffic max hampir 600 per day karena menerapkan cara ini. salam sukses

    BalasHapus
  5. gan mu nanya cara bikin tag ky punya agan ni gmn...???
    mohon pencerahan nya gan, maklum saya baru bikin blog, tp pngen blog saya bagus traffic nya ky punya agan...
    bls via email ya gan please....
    skalian lht2 blog sy ya gan.....

    BalasHapus
  6. gmna ya biar blogg kita banyak d kunjungi???

    BalasHapus
  7. Makasih mas atas infonya, mampir ya? okefox.blogspot.com

    BalasHapus
  8. Gan gmn cara memperkecil tampilan kyk visitor flag ama daftar isi dibuat bisa kayak gitu blog say http://adamskurosaki.blogspot.com/

    BalasHapus
  9. mksih ya....mmpir ya...http://ekoendya.wordpress.com , please

    BalasHapus
  10. [...] terkait : 1. Tips gratis membuat tulisan yang baik 2. Tips gratis mendatangkan limpahan traffic ke blog kita 3. Tips gratis menaikkan pagerank blog 4. Tips gratis menyusun portofolio untuk sertifikasi guru 5. [...]

    BalasHapus
  11. untuk membuat daftar isi blog caranya bisa dilihat disini...
    http://aliefardi.wordpress.com/2011/04/03/tips-gratis-dan-mudah-membuat-daftar-isi-blog/

    BalasHapus