Jumat, 26 November 2010

Tips praktis mencegah penyakit ND/tetelo pada ayam kampung super

Anak-anak ayam lingnan dan ayam kampung remaja
Tips gratis dan praktis kali ini saya tulis berdasarkan atas pengalaman saya memelihara beraneka ayam sejak tahun 2000-an lalu (kalo gak salah tapi, hehe...).  Selain itu juga untuk memenuhi janji saya pada artikel yang lalu tentang   tips-gratis-cara-membuat-anak-ayam-kampung-super-cepat-besar.

Berawal dari coba-coba yang saya lakukan, dengan niat menghasilkan daging ayam kampung yang tak terlalu banyak kandungan bahan kimia dan tentu juga maksudnya berhemat, hehe...saya memberi campuran beberapa bahan nabati pada ransum ayam yang mempunyai potensi mencegah penyakit menular pada ayam.  Selain itu, ilmu ini juga sebagian saya dapat dari beberapa peternak yang kemudian saya padukan dengan kondisi di kampung saya.

Dari hasil percobaan dan pengalaman saya, maka saya berani mengatakan bahwa beberapa tumbuhan/tanaman/bahan nabati memang mempunyai potensi untuk mencegah penyakit menular pada ayam, terutama tetelo/ND atau hanya sekedar flu biasa pada ayam.

Singkat kata, tanaman yang sering saya pakai untuk pencegahan penyakit pada ayam yaitu : daun pepaya, temu ireng, temu lawak, kulit bawang putih, kulit bawang merah, daun teh, dan daun salam. (beberapa daun tanaman juga sering saya pakai untuk menambah vitamin/mineral pada ransum, seperti daun singkong, dan daun temu-temuan). Bahkan, sisa-sisa sayuran atau kulit bumbu-bumbu bekas yang tidak terpakai atau bahan sisa masakan istri saya, saya rebus kemudian saya campurkan pada ransum ayam.  Pendek kata, tak ada daun atau sisa bahan sayuran yang terbuang percuma.


Cara aplikasi sangat mudah, yaitu sebagai berikut :

1.  iris tipis-tipis daun-daun tersebut diatas

2.  rebus daun dan temu-temuan tersebut sampai mendidih, kemudian diamkan hingga hangat.


3.  nah, air rebusan tadi dicampurkan pada air minum ayam atau untuk ditambahkan pada pakan (pakan basah).  Selain itu irisan daun/temu-temuan tersebut jangan dibuang, kan sayang.  Irisan-irisan tersebut dicampurkan pada ransum ayam.  Pemberian ini terutama pada pagi hari.


4.  aplikasi diatas dilakukan secara teratur, terutama pada saat pergantian musim dimana penyakit biasa timbul.  Rentang waktu pemberian obat tradisional ini sebaiknya 2-3 hari sekali.  Di luar pergantian musim seminggu sekali saya rasa cukup.

Selain berfungsi sebagai pencegahan, juga untuk menambah nafsu makan pada ayam dan menambah vitamin/mineral alami. Prinsipnya, jika ayam banyak makan (yang bergizi) maka akan sehat.

Cara yang lain untuk pencegahan, penyakit tetelo yaitu dengan membeli obat vaksin ND Hitchner yang banyak tersedia di pasaran.  Pemberian obat ini biasa saya lakukan pada waktu ayam berumur 4 hari, 4 minggu dan 4 bulan.  Aplikasi bisa lewat tetes mata maupun dicampur dengan air minum.

Perpaduan yang terbaik, ya divaksin sekaligus diberi obat tradisional.  Menurut pengalaman saya, Alhamdulillah ayam-ayam saya sehat.  Walau ada yang terkena penyakit, ya wajar saja namanya juga makhluk hidup, hehe...tapi selama puluhan tahun memelihara ayam, alhamdulillah tak pernah sekalipun dalam serentak ayam-ayam saya mati berbarengan dalam jumlah besar.  Selain ayam-ayam saya sehat, juga pertumbuhannya cukup baik, jadi ada pengaruhnya juga pemberian  irisan daun-daunan dalam pakan ayam.

Silakan baca juga :
1. Tips membuat anak ayam kampung cepat besar
2. Tips mencegah penyakit ND atau tetelo pada ayam kampung super 
3. Tips praktis beternak ayam kampung super 
4. Tips membuat kandang ayam kampung super 
5. Tips membuat pakan ayam kampung super 
6. Tips mengatasi atau mencegah penyakit ayam kampung super 
7. Tips mengobati penyakit yang sering menyerang ayam kampung super
8. Lima hal yang harus dihindari dalam merawat DOC ayam kampung super
9. Tips-gratis-supaya-ayam-kampung-dewasa nafsu makannya lahap
10. Tips-gratis-mengatasi-ayam-yang-suka mojok/sakit
11. Analisa-usaha-ternak-ayam-lingna

18 komentar:

  1. wah,terima kasih atas tips2 gratisnya,semoga bermanfaat bagi saya,

    BalasHapus
  2. sama2 mas. semoga ada manfaatnya. sukses mas

    BalasHapus
  3. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ
    Wah bermanfaat sekali tipsnya semoga menjadi ladang ibadah pa saya may tanya kalau dasar kandang ayam pasir bermasalah ga dengan ayam

    BalasHapus
  4. waalaikum slm wr wb.
    tidak masalah lantainya dari pasir, malahan membuat kotoran ayam cepat kering. semoga bermanfaat pak...

    BalasHapus
  5. pakai transfer factor juga sangat efektif lho...

    BalasHapus
  6. assalamualaikum pak..
    salam knal,,
    saya mw tnya perbedaan ayam kampung biasa dngn ayam kmpung super?saya bru pertama kali memelihara ayam,,bbrpa hari yg lalu saya mmbeli 50 ekor doc ayam kampung..tp sya tdk tau jnis apa ayam kmpung tersebut.
    mohon pencerahan ya pak..
    1 lg...bbrpa anak ayam terlihat murung,sering tdr berdiri,,,klo sperti itu knpa? solusi nya bgmn,,,?

    makasih pak,,

    BalasHapus
  7. ayam kampung super pertumbuhan lebih cepat,penampakan kaki lebih kuat dan besar-besar, kepala biasanya lebih besar drpd ayam kampung lokal.anda beli DOC dimana? coba ditanyakan pada penjualnya ya.
    mengenai ayam yang murung kemungkinan terkena gangguan kesehatan. coba anda dalam memberi pakan telitilah kualitasnya, kalau saya, ayam umur 0 - 7 hari pakannya BR1 yang ditumbuk halus, 8 - 30 hari khusus BR1 (kalau mau ditambah dengan katul/dedak padi/jagung yang lembut). Nah, untuk menjaga kondisi ayam tetap prima boleh pakai cara saya diatas, yaitu memberi irisan daun pepaya, temu2an pada minuman atau irisan daun tsb dicampur ke pakan ayam...selamat mencoba. salam kenal dan sukses mas

    BalasHapus
  8. makasih pak,,
    saya beli di sawangan, parung...
    dy blg ayam yg saya beli ayam kampung yg bagus..
    tp saya kurang mngerti,saya berternak ayam sbgai smpingan kuliah saya..
    apakah bpk jg mnjual ayam DOC kampung super? klo jual,bpk tnggal dmn? n brpa / ekor?
    saya iingin mbeli ayam super sbnyak 25 ekor..

    BalasHapus
  9. saya jg menjual doc ayam kampung super tp jumlah masih blm banyak. masih utk kelompok pak.alamat silakan lihat di profil.

    BalasHapus
  10. ohh,,berapa per ekor nya pak? mngkin bisa jd bhan perbndingan..

    BalasHapus
  11. sekitar 4500-5000 rp/doc.kalo lingnan asli 10.000 an/doc. dengan mempunyai indukan lingnan anda saya jamin insya ALLAH bisa memproduksi sendiri ayam kampung super

    BalasHapus
  12. oke..terima kasih atas info nya..
    semoga allah selalu memberikan yg terbaik untuk bpk. amin
    salam kenal.
    ari di depok,

    BalasHapus
  13. amin YRA. semoga sukses juga buat anda dimuahkan segala urusan...amin, salam kenal juga mas

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum
    Saya Napis dari Jakarta.. Saya tertarik dg ayam lingnan bs saya silang dg ayam kampung..kalo mo beli doc ayam lingnan apa bs kirim ke jkt dan brp min pesannya ..tks wassalam

    BalasHapus
  15. Slm kenal bang,sya nasrun,minta penjelsan bg.ayam kmpg super idealx panen brp bulan?Ukuran kandang/100 ekor doc brp meter.kalau ngirim ayam lingnangx ke sumatra bisa gk tu..?Trmkash

    BalasHapus
  16. Saya Juga seorang peternak ayam kampung, dengan cara mengarantina mereka. luas kandang saya 20 x 25 mtr, Alhamdulillah Saya uda memetik hasil. Namun saya khawatir ayam saya akan tertular ayam tetangga. walau demikian saya mengucapkan terima kasih kepada penulis TIPS GRatis ini. Insya ALlah saya akan ikuti tipsnya. mudah-mudahan ayam saya bebas Penyakit, amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin.......!

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  18. Hai guys!!
    Sering Kalah Bermain Poker atau Permainan Lain?? Butuh Konsultasi Seputar Poker atau Permainan Lain Agar Menang Terus??
    Dapatkan Trik dan Tips Jitu dari Donaco Poker...
    Cukup Daftar menjadi Member saja..!!
    Pendaftaran Gratis!!

    Nikmati juga kemudahan dalam bertransaksi menggunakan OVO Pay Donaco Poker...

    Dapatkan Juga
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    YM : Cs.Donacopoker
    BBM : DONACOPOKER
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +6281333555662
    WECHAT : Donacopoker

    BalasHapus