Selasa, 21 September 2010

Tips gratis mengatasi infeksi dan agar luka (berdarah) cepat kering

PEGAGAN MENCEGAH INFEKSI.

Dulu sebelum saya terdampar di desaku yang sekarang ini (Desa Tlogopayung, kec. Plantungan, Kendal), kalau terluka akibat teriris, tersayat atau terjatuh sehingga mengeluarkan darah, cara termudah untuk mengatasinya ya dengan Betadin atau obat merah (mercurochrom).  Setelah sekian lama disini, saya mengamati perilaku masyarakat desa sini, jikalau terluka mereka mengobatinya dengan sejenis tanaman liar yang banyak sekali tumbuh disini.  Tanaman apakah  itu?

Ya, gambar diatas adalah pegaganPegagan yang simplisianya dikenal dengan sebutan Centella Herba memiliki kandungan asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi. Diduga glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside merupakan antilepra dan penyembuh luka yang sangat luar biasa. Zat vellarine yang ada memberikan rasa pahit.  (info mengenai pegagan bisa klik disini).

Tapi sebelum saya memberitahukan caranya, break dulu ya...soalnya sudah sore nih, harus ngasih makan ayam dulu, tuh sudah "petak-petok" kelaparan...maaf yah...nanti pasti saya sambung lagi.

Lanjut ya...

Di desa saya pegagan lazim disebut "duduk".  Tanaman ini tumbuh liar menjalar, merambat di permukaan tanah dan mempunyai geragih.  Resep untuk mencegah infeksi dan supaya luka cepat mengering ini sudah berlaku turun-temurun di desa saya, bahkan sejak ratusan tahun yang lalu.  Alhamdulillah, sejauh ini manjur dan tanpa efek samping. Bahkan saya mendengar sudah ada perusahaan yang membuat simplisianya dan ekstraknya untuk obat dll.

Saya langsung saja akan membahas cara penggunaan pegagan yang mudah dan sederhana untuk mengatasi infeksi :

1.  jika kita terluka dan luka tsb mengeluarkan darah, supaya tidak terinfeksi, begini.  Cuci bersih dahulu bagian tubuh yang terluka dengan air bersih, kemudian keringkan dengan kapas/lap bersih.

2.  ambil daun pegagan 5,7,9 dst usahakan yang ganjil dan jumlahnya tergantung dari sedikit banyaknya luka yang dialami.  Batangnya juga boleh.  Kemudian cuci bersih, tiriskan.  Nah, ini yang dilakukan masyarakat disini (saya juga lho...hehe), daun pegagan tsb kita kunyah-kunyah sebentar sehingga menjadi agak lembut.  Setelah itu, "kunyahan" tadi ditempelkan pada luka tadi dan kalau mau nempelnya awet, ya diperban.  Wah...rasanya perih bukan main (saya dan keluarga sering merasakan perihnya, jadi hapal...hehe), tapi tidak pake lama, luka tsb akan mengering dan insya ALLAH bebas infeksi.

3.  Jikalau kita tidak ingin menguyah, maka mudah saja...ditumbuk hingga agak halus dan kemudian ditempelkan pada bagian yang terluka.

4.  Sebisanya, "obat pegagan" tadi diganti secara teratur, minimal sehari sekali hingga luka benar-benar mengering.  Menurut pengalaman saya, luka bisa mengering dalam sehari, tergantung lebar dan sedikitnya luka juga sih...

Nah, sekian dulu ya.  Silakan dicoba resep ini sudah seringkali masyarakat kita lakukan.  Semoga bermanfaat, insya ALLAH nanti saya bagikan tips-tips gratis dan praktis lainnya...karena so pasti, masih buaaaanyyaaaakkk lagi yang diberikan oleh ALLAH untuk kehidupan kita.  Tinggal bagaimana kita mau menimbanya.

Tetap semangat, ya...Salam, Alief

1 komentar:

  1. Wah kayanya cari daun pegagan agak sulit di dekat tempat tinggal saya.

    BalasHapus