Selasa, 21 September 2010

Tips gratis dan praktis membasmi rayap

Rayap, serangga dekomposer yang selain bermanfaat juga perusak kayu atau batang tanaman
Pernah berurusan dengan rayap?..Pasti pernah ya, apalagi diriku ini, yang mempunyai rumah dari kayu, ngontrak lagi...hehe...Rayap yang mempunyai nama latin Coptotermes sp ini (walau masih banyak perdebatan mengenai nama ilmiahnya), termasuk suku Termitidae.  Hewan ini termasuk serangga sosial, hidupnya berkoloni, membangun rumah dan sarangnya di kayu maupun tanah.  Rayap mempunyai enzim khusus yang mampu mencerna selulosa dari bahan organik, baik kayu, dedaunan maupun buah-buahan lainnya.  Bagi tanaman, rayap jelas berpotensi untuk merusak, tetapi di alam, hewan ini jelas besar manfaatnya dalam hal membantu proses dekomposisi atau penguraian bahan organik.

Nah, artikel ini saya tulis berdasar pengalamanku yang tidak mengenakkan berurusan dengan rayap.  Betapa tidak?  Pernah suatu kali kandang ayamku hampir ambruk gara-gara cagak/tiang kayunya keropos dimakan rayap.  Pernah juga tempat tidur yang lama tidak saya pakai, eh...tau-tau habis dimakan rayap.  Wah...wah...

Ada cara mudah dan praktis untuk membasmi hewan satu ini, yaitu :

1.  jika rayap menyerang tanaman kita, basmi saja dengan insektisida organik yang cara pembuatannya dapat  DILIHAT DISINI.

2.  jika hewan tsb merusak kayu/dinding rumah kayu/perabotan dari kayu, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu :

2.1. janganlah sekali-kali menumpuk kayu-kayu/barang-barang berkayu dalam suatu tumpukan, apalagi di dekat/dibawah tumpukan tsb dekat/ada tanah yang dapat menjadi media perkembangan rayap.

2.2. dibagian bawah kayu/dinding kayu/perabotan kayu tsb kita lapisi tir hitam yang dicampur oli bekas sehingga dijamin rayap "ogah"  menyerang.   Tinggi bagian kayu yang dilapisi tsb kira-kira 20-30 cm dari bagian paling bawah.

2.3.  jika rayap sudah menyerang perabotan kayu kita, cara yang mudah untuk mengatasinya yaitu semprot saja rayap-rayap tsb dengan menggunakan minyak tanah.  Semprotkan minyak tanah secara merata pada bagian kayu yang dimakan rayap, maka niscaya tidak lebih dari 5 menit saja, hewan tsb akan mati bergelimpangan.  Nah, mudah bukan?

Selalulah teliti dalam menyimpan perabotan kayu anda dan memeriksa benda-bernda berkayu yang kita miliki.  Seandainya kita di awal tahu bahwa ada gejala serangan rayap, langsung saja lakukan langkah diatas, Insya ALLAH rayap akan mudah dibasmi.

Nah, sekian dulu ya tips gratis dari saya.  Insya ALLAH saya akan menuliskan tips-tips gratis lainnya.  Semoga bermanfaat

Artikel terkait :
1.  Bahan-yang-berpotensi-sebagai-starter kompos (Seri 4)
2. Bahan yang berpotensi sebagai starter kompos/pupuk (seri 3)
3. Bahan yang berpotensi sebagai starter kompos/pupuk (seri 2) 
4. Bahan yang berpotensi sebagai starter kompos/pupuk (seri 1) 
5. Membuat starter kompos/pupuk sendiri (pengenalan)
6.
Tips gratis membuat EM (2) 
7. Tips gratis membuat pestisida organik (4) 
8. Tips gratis membuat bokashi/pupuk organik sendiri 
9. Tips membuat/membiakkan EM /mikroorganisme lokal (1) 
10. Potensi temu hitam sebagai insektisida dan fungisida organik 
11. Analisa kandungan urine hasil fermentasi 
12. Analisa biaya sederhana pembuatan pupuk organik cair 
13. Tips gratis membuat insektisida organik (resep 2) 
14. Potensi umbi gadung sebagai insektisida organik 
15. Tips gratis membuat pupuk organik cair sederhana 
16. Tips gratis membasmi hama yuyu/kepiting sawah 
17. Potensi kulit jengkol sebagai insektisida organik 
18. Tips membuat fungisida organik sendiri 
19. Tips membuat herbisida/racun rumput sendiri 
20. Tips gratis membuat pestisida organik sendiri (resep 1)

1 komentar: