Kamis, 16 September 2010

Tips gratis mengatasi karat pada barang-barang logam

Anda pasti merasa jengkel, jika barang-barang kesayangan anda yang terbuat dari logam mengalami perkaratan atau korosi.  Saya juga lho...hehe....  Karatan atau korosi penyebabnya bisa macam-macam antara lain kelembaban udara yang tinggi, perawatan yang kurang bersih, hingga cara penyimpanan yang kurang benar.  Peristiwa korosi sebenarnya terjadi akibat oksidasi.  Korosi pada dasarnya merupakan reaksi logam menjadi ion pada permukaan logam yang kontak langsung dengan lingkungan berair dan beroksigen.  Lingkungan yang korosif, air, oksigen, larutan asam/garam hingga permukaan peralatan logam yang tidak rata merupakan beberapa faktor yang mendukung peristiwa korosi.  Kalau sudah kena karat, yah...peralatan kita lama kelamaan akan rusak, sayang khan....?

Baiklah teman, saya tidak akan bertele-tele.  Ada tips praktis dan mudah untuk mengatasi karat, yah...minimal mengurangi agar tidak berlarut-larut dimakan karat.   Begini, karat biasanya akan "takluk" jika terkena senyawa asam.  Nah, cara tradional yang cukup jitu dan praktis untuk menghilangkan karat yaitu dengan menggunakan jeruk.  Jeruk kita peras, kemudian air perasan tersebut kita pakai untuk menghilangkan noda karat.  Teteskan air perasan jeruk tersebut ke bagian yang berkarat, kemudian gosok perlahan dan diulang-ulang (bisa menggunakan lap kain atau busa pencuci).  Bila karat cukup "parah", berikan lagi air perasan jeruk tsb.  Setelah digosok-gosok, bilas peralatan tersebut dan dicuci bersih serta disimpan di tempat yang cukup kering.  Ulangi perlakuan tersebut secara teratur sehingga noda karat lama kelamaan hilang.

Bisa juga kita memakai cuka, senyawa ini "lebih asam", dan lebih "keras".  Untuk membandingkan keampuhan kedua senyawa tsb, ada baiknya kita mencobanya.  Caranya kita menguji kedua senyawa tsb pada peralatan kita yang berkarat.  Ujilah pada bagian pinggir yang berkarat, mana yang lebih ampuh.

Ada baiknya kita senantiasa teliti memeriksa secara teratur apakah peralatan yang kita miliki mulai mengidap karat atau belum.  Jika ada tanda-tanda terkena karat, jangan tunda-tunda lagi, langsung lakukan tindakan yang saya sebutkan diatas.  Dengan demikian peralatan kita akan awet dan terpelihara dari korosi.

Selamat mencoba.  Salam, Alief

3 komentar:

  1. boleh juga infonya mas....
    di tempatku resiko korosinya lumayan tinggi jadi tips ini sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. sama-sama pak. semoga manfaat. saling sharing ilmu ya pak...sukses pak

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum, wah info di blog ini bermanfaat sekali,, terima kasih yah atas infonya... berhubung saya bertempat tinggal di daerah penghasil sayuran dan buah buahan, semoga dapat di aplikasikan ilmunya... khususnya tentang teknik organik...

    BalasHapus