Jumat, 01 Oktober 2010

Analisa biaya pembuatan pupuk cair/insektisida organik (sederhana)

Sayuran organik, segar dan menyehatkan
Alhamdulillah akhir-akhir ini, terutama sejak tahun 2000-an, interest masyarakat maupun petani untuk menerapkan sistem pertanian organik semakin melaju.   Kesadaran akan pelestarian lingkungan, kesehatan diri dan juga harga pupuk serta insektisida/fungisida/pestisida kimia yang semakin mahal menjadi faktor pemicu.

Oleh karena itu, menurut saya, gairah akan bertani secara organik ini seharusnya terus kita dengung-dengungkan dan dukung sepenuhnya melalui berbagai cara.  Diantaranya sharing pengalaman beberapa petani yang sudah pernah dan sukses dalam membuat pupuk dan obat-obatan organik, dengan harapan dapat ditiru oleh yang lain.  Anggapan yang mengatakan bahwa bertani organik tidak menguntungkan, hendaklah dibuang jauh-jauh.  Bagaimana tidak ?  Kalau kita terus-menerus mengkonsumsi sayuran, buah, bahkan lemak dan protein dari bahan-bahan kimia sintetik akan berpotensi besar menimbulkn berbagai macam penyakit aneh-aneh.  Wah, yang ini ndak usah dibahas lah, semua orang juga sudah tahu....hehe....Betapa kesehatan sungguh mahal harganya.

Nah, di pasaran sekarang banyak sekali beredar pupuk maupun obat-obatan organik.  Hal ini sungguh menggembirakan, berarti menunjukkan bendera pertanian organik sungguh berkibar.  Hanya saja sayangnya, untuk petani gurem seperti kami masih dirasakan mahal harganya.  Harga pupuk organik cair atau insektisida organik berkisar 15.000-30.000/liter cukuplah mahal.

Saya mencoba menganalisa biaya pembuatan pupuk organik cair sendiri yang cara membuatnya BISA DILIHAT DISINI , DISINI dan   DISINI .  Sebenarnya masih banyak cara yang lain lagi, karena ternyata ALLAH sudah menyediakan pada kita bahan-bahan di alam ini yang berpotensi sebagai pupuk maupun obat-obatan nabati.

Baiklah, saya coba menganalisa salah satunya (pupuk organik cair) yang pernah saya buat sendiri.  Bahan-bahan yaitu :

1.  urin manusia 1 liter (gratis)

2.  tempat/wadah untuk fermentasi (gratis)

3.  mikroba fermenter 10-20 cc, dalam hal ini kita gunakan yang praktis saja yaitu EM4 (walau EM4 ini juga bisa kita buat sendiri, kelompok tani saya sudah pernah buat ini dengan rumen sapi, nanti dilain waktu akan saya posting caranya).  Jika harga EM4 Rp 16.000/1.000 cc (1 liter) maka 10-20 cc berarti cukup  Rp 160-320.

4.  tetes tebu/gula jawa/gula aren 100 gram yang harganya paling mahal Rp. 1.000.

5.  tenaga (gratis)

Nah, dari analisa per item bahan-bahan diatas, secara sederhana dapat disimpulkan biaya pembuatan pupuk organik cair tidak lebih dari Rp 1.500/liter. Biaya pembuatan pestisida/insektisida organik yang berbahan baku tumbuhan pun juga tidak mahal.  Bahan-bahan seperti umbi gadung ,kulit jengkol, daun tembakau, daun mindri, daun sirsak, daun pepaya dll dapat dengan mudah dicari, walaupun beli, harganya toh tidak mahal-mahal amat.

Kalau begitu, tunggu apalagi.  Ayo bikin sendiri pupuk organik dan obat-obatan organik. Insya ALLAH kualitas tidak kalah dengan yang dijual di pasar.  Selamat mencoba.  Mandirikan petani kita !!!   Mari sharing resep-resep pembuatan pupuk dan obat-obatan organik.  SEMOGA BERMANFAAT...

Artikel terkait :
1.  Bahan-yang-berpotensi-sebagai-starter kompos (Seri 4)
2. Bahan yang berpotensi sebagai starter kompos/pupuk (seri 3)
3. Bahan yang berpotensi sebagai starter kompos/pupuk (seri 2) 
4. Bahan yang berpotensi sebagai starter kompos/pupuk (seri 1) 
5. Membuat starter kompos/pupuk sendiri (pengenalan)
6.
Tips gratis membuat EM (2) 
7. Tips gratis membuat pestisida organik (4) 
8. Tips gratis membuat bokashi/pupuk organik sendiri 
9. Tips membuat/membiakkan EM /mikroorganisme lokal (1) 
10. Potensi temu hitam sebagai insektisida dan fungisida organik 
11. Analisa kandungan urine hasil fermentasi 
12. Analisa biaya sederhana pembuatan pupuk organik cair 
13. Tips gratis membuat insektisida organik (resep 2) 
14. Potensi umbi gadung sebagai insektisida organik 
15. Tips gratis membuat pupuk organik cair sederhana 
16. Tips gratis membasmi hama yuyu/kepiting sawah 
17. Potensi kulit jengkol sebagai insektisida organik 
18. Tips membuat fungisida organik sendiri 
19. Tips membuat herbisida/racun rumput sendiri 
20. Tips gratis membuat pestisida organik sendiri (resep 1)

4 komentar:

  1. Luarrr biasa !, Go Organik !!!

    BalasHapus
  2. analisa sederhana pak.. semoga bermanfaat. salam kenal dan sukses selalu pak...

    BalasHapus
  3. Wah info yg sangat bermanfaat nih, terutama utk yg hobi perkebunan dan pertanian. thx gan

    BalasHapus
  4. Saya sdh coba POC dengan bahan kotoran kambing,EM-4,tetes dan pususan beras. Tapi...baunya mana tahan...moo pingsan gubrak.......

    BalasHapus